Ruang Info

Ford Motor Indonesia Merayakan Kuartal Terbaiknya

Selasa, Okt 20, 2009

Jakarta, 20 October 2009
Meskipun dunia masih dalam tahap pemulihan dari situasi ekonomi yang buruk, Ford Motor Indonesia (FMI) merayakan kuartal terbaiknya sejak mulai beroperasi di tahun 2002. Angka penjualan FMI untuk kuartal ketiga ini mencapai peningkatan 9.6% dengan penjualan 2603 unit dibandingkan dengan penjualan tahun 2008 yang mencapai 2375 unit.

“Kuartal ini merupakan rekor penjualan untuk Ford di Indonesia,” kata Will Angove, Presiden Direktur PT Ford Motor Indonesia. “Kami terus berkontribusi terhadap pasar otomotif Indonesia dengan menawarkan kendaraan kelas terbaik, pelayanan kualitas tinggi dan program yang menarik bagi pelanggan kami. Penjualan armada (fleet) kami yang tertinggi saat ini adalah sebuah dukungan kualitas kendaraan dan pelayanan kami.”

Angka penjualan industry otomotif di Indonesia terus mengikuti trend penjualan di kuartal – kuartal sebelumnya, dimana penjualan mobil di kuartal ketiga ini turun 32% dari periode yang sama tahun lalu. Produk terbaik FMI tetap diduduki oleh jajaran New Ford Ranger dengan 1511 unit terjual selama kuartal ini diikuti oleh New Ford Focus dengan 619 unit, New Ford Everest dengan 371 unit dan New Escape dengan 102 unit.

Sebagai rasa simpati dan tanggung jawab terhadap banyaknya jumlah korban jiwa serta kerusakan akibat gempa di Sumatera Barat, Ford bekerja sama dengan dealernya di Pekanbaru dan Padang telah menyiapkan 30 kendaraan Ford Ranger 4x4 serta 1 unit Ford Ranger yang telah dimodifikasi menjadi ambulans yang berbasis rangka Ford Ranger yang kuat untuk membantu proses evakuasi dan rehabilitasi seperti pendistribusian bahan pangan, pakaian, obat – obatan dan kebutuhan lainnya ke daerah yang terisolir. FMI juga telah menyumbangkan dana sebesar Rp 200 juta kepada Palang Merah Indonesia untuk memberikan bantuan terhadap korban gempa. Ford telah banyak berpartisipasi dalam proses pemulihan akibat bencana sejak tahun 2002, termasuk Tsunami di Aceh tahun 2004, banjir besar di Jakarta tahun 2002 dan 2008, gempa di Yogyakarta tahun 2006 dan lainnya, Kontribusi ini juga dalam bentuk sumbangan kendaraan karena kemampuan kendaraan Ford adalah yang satu-satunya yang dapat menembus medan berat.

Melihat ke pasaran Amerika, penjualan Ford berhasil naik sebesar 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan pangsa pasar naik 2%. Di Kanada, penjualan per-tahun Ford mengalami kenaikan 24%. Meskipun pasaran otomotif Amerika Serikat menurun 27% di bulan September pasca program “cash for clunkers”, Ford memiliki penurunan yang terkecil (5%) dibandingkan dengan produsen mobil lainnya yang rata – rata mengalami penurunan dua digit. Ford juga telah meluncurkan beberapa jajaran kendaraan terbarunya termasuk truk Ford F-Series, Ford Taurus dan Ford Transit Connect yang popular.

Untuk meraih target profitabilitasnya pada tahun 2011, Ford terus memfokuskan diri pada empat pilar utamanya yaitu: merestrukturisasi perusahaan secara agresif agar dapat beroperasi dengan memperoleh keuntungan pada keadaan permintaan di masa sekarang serta merubah desain model; mempercepat perkembangan produk – produk terbaru yang diinginkan oleh pelanggan; mendanai rencana guna memperbaiki neraca perusahaan; serta bekerja sama dengan efektif sebagai satu tim untuk meningkatkan aset global Ford.

Sebagai komitment terhadap pasaran Asia Pasific Ford Motor Company bulan lalu mengumumkan sebuah mobil baru yaitu Ford Figo, sebuah mobil kecil terbaru untuk pasaran India yang sedang tumbuh. Mobil ini akan di rakit di fasilitas pabrik terintegrasi dekat Chennai yang sedang di renovasi dengan biaya US$500 juta untuk menjadi pusat regional centre of excellence bagi pembuatan mobil kecil dari Ford.

Dan beberapa minggu yang lalu, Ford Motor Company mengumumkan mulainya pembangungan sebuah fasilitas pabrik seluas 1 juta meter persegi di Chongqing, RRC, yang dijadwalkan akan rampung pada tahun 2012 dengan biaya US$ 490 juta. Fasilitas tersebut akan memulai memproduksi Ford Focus generasi terbaru pada tahun 2012 dan akan mampu memproduksi berbagai macam produk kedepannya. Pabrik terbaru ini pertama kalinya akan mampu menghasilkan 150,000 jumlah kendaraan setiap tahunnya, dan akan naik sampai 600,000 unit pada tahun 2012.

“Ford secara agresif sedang menempatkan berbagai asset dan jasa guna mengikuti rencananya untuk mencapai profitibilitas pada tahun 2011,” kata Will Angove. “Investasi kami di seluruh dunia akan membantu kita untuk menyediakan produk dan jasa terbaik bagi pelanggan kita dan akan terus membuat penyesuaian untuk memaksimalkan potensi kami di pasaran automotif dunia.”

Sekarang, FMI sedang mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Ford Fiesta di tahun 2010. Hingga saat ini, New Ford Fiesta adalah mobil nomor 2 di Eropa, dengan lebih dari 300,000 unit terjual sejak diperkenalkan musim gugur lalu. Di Inggris, Ford Fiesta telah menjadi mobil dengan penjualan nomor satu sejak peluncurannya pada bulan Oktober 2008. Ford Motor Indonesia yakin bahwa Ford Fiesta memiliki potensi untuk menyemarakkan pasaran di Indonesia, karena memiliki fitur terdepan yang akan merubah peta pasar otomotif di Indonesia.

Untuk memaksimalkan persiapan dan distribusi Ford Fiesta di Indonesia, FMI terus melakukan penetrasi ke pasaran Indonesia dengan rencana pembukaan dealer – dealer nasional dalam waktu beberapa minggu kedepan, termasuk pembukaan dealer baru di Duri, Pekanbaru, Surabaya dan Bumi Serpong Damai. Ini menandakan besarnya keyakinan rekanan Ford Motor Indonesia dengan produk – produknya serta masa depan dan Harapan Ford Fiesta.

“Kami sangat yakin bahwa pasar Indonesia akan lebih positif terhadap apa yang ditawarkan oleh Ford, terutama dengan Ford Fiesta yang akan di luncurkan pada pertengahan tahun 2010. Ford Fiesta akan menjadi sebuah perubahan yang besar di tengah pasaran city car karena menyediakan pilihan alternatif terhadap konsumen di Indonesia. Untuk itu, kami terus mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan kedatangannya dan menantang status quo di pasar city car Indonesia. 2010 akan menjadi tahun yang menarik bagi Ford Motor Indonesia,” kata Angove.

“Memastikan bahwa semua pelayanan penjualan sampai dengan purna jual tersedia secara konsisten sekaligus memperkuat citra dealer – dealer kami kepada pelanggan adalah salah satu strategi Ford dalam memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Dealer kami selalu menjadi rekan yang baik dalam menanamkan konsep Superstore kami dan memastikan pengalaman yang luar biasa bagi para konsumen atas produk Ford. Sehingga, pada saat Ford Fiesta meluncur, jaringan perangkat keras dan lunaknya sudah terjamin dan tersedia untuk pasar Indonesia,” pungkas Will Angove.

--##--

Tentang Ford Motor Company
Ford Motor Company, pemimpin global dalam industri otomotif yang berbasis di Dearborn, Mich., adalah produsen dan distributor kendaraan bermotor di enam benua. Dengan kurang lebih 229.000 karyawan serta 90 pabrik di seluruh dunia, brand otomotif utama dan afiliasinya termasuk Ford, Lincoln, Mercury, Volvo Car, dan Mazda. Perusahaan ini memberikan bantuan secara financial melalui Ford Motor Credit Company. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Ford, silahkan mengunjungi www.ford.com

Catatan: Ford juga menawarkan “Jaminan Servis Ford Seluruh Nusantara” untuk seluruh kendaraan Ford yang dipasarkan di Indonesia. Ini berarti bahwa seluruh konsumen Ford bisa mendapatkan kelebihan dalam menikmati layanan dan perbaikan dimanapun di Indonesia dengan suku cadang asli. Layanan ini tersedia di seluruh pusat layanan dan dealer. Apabila diperlukan Ford juga akan mengirimkan teknisi untuk membantu konsumen dimanapun mereka berada.

Search